Sambut Eksplorasi Wilayah Kerja OSWA, Deputi Perencanaan BPMA Apresiasi Antusiasme Pemerintah Daerah Singkil

SINGKIL – Deputi Perencanaan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Muhammad Mulyawan mengapresiasi kegiatan Workshop yang dilaksanakan untuk rencana Ekplorasi Migas di Kabupaten Aceh Singkil, oleh Conrad Asia Energy Ltd. Dia pun menyebutkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik antusiasme Pemerintah Kabupaten Singkil dalam menyambut eksplorasi migas yang akan dilaksanakan di wilayahnya.

“Tim Perencanaan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA)  siap memberikan ruang diskusi kepada seluruh elemen, demi menghasilkan  informasi utuh dan komprehensif, agar  tidak menimbulkan info bias di tengah masyarakat, “sebut Muhammad Mulyawan.

Kerja Sama Pemerintah dengan Perusahaan Conrad Asia Energy terkait wacana pengelolaan Migas Blok Meulaboh-Singkil terus mendapatkan perhatian dan persiapan yang di lakukan dari berbagai kalangan.  Persiapan tersebut baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun dari sisi lingkungan dengan tidak mengabaikan etnik dan tradisi yang ada di daerah tersebut.

Hal itu disampaikan pada kegiatan  Workshop Offshore South West Aceh/OSWA (WK Singkil) Menuju Eksplorasi dan Eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) Migas di Kabupaten Aceh Singkil atas Dasar Prinsip Green dan Social License, yang diinisiasi oleh lembaga KIARA,Koalisi Untuk Advokasi Laut Aceh (KuAlA), PePAl, Serta Panglima Laut Aceh dan didukung Pemkab Aceh Singkil tersebut, Kamis (09/03/2023), di Gedung Seni Budaya, Aceh Singkil, Aceh.

Mulyawan menyebutkan sesuai dengan kontrak yang telah di sepakati antara Pemerintah dengan  Perusahaan Conrad Asia Energy Ltd itu, diberikan ruang waktu selama 10 tahun kedepan untuk rencana Ekplorasi Migas baik di wilayah Offshore North West Aceh (Meulaboh), maupun di Offshore South West Aceh (Singkil).

Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah melalui Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) telah melakukan penandatanganan kontrak kerja sama Wilayah Kerja Offshore North West Aceh/ ONWA (Blok Meulaboh) dan Offshore South West Aceh/OSWA (Blok Singkil) yang merupakan hasil lelang penawaran langsung Wilayah Kerja tahap I tahun 2022.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Gedung Heritage, Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, (05/01/2023) yang turut disaksikan oleh Menteri ESDM, PJ Gubernur Aceh, Unsur Pemerintah Aceh dan Pimpinan BPMA serta pejabat terkait di Kementerian ESDM.