Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Guna Kepentingan Lokal dan Nasional, BPMA Gelar Workshop untuk KKKS Wilayah Kerja Aceh

BANDA ACEH – Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menggelar kegiatan workshop wawasan kebangsaan terhadap Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Wilayah Kerja Aceh, 4-6 Maret 2024. Hal ini bertujuan dalam rangka mengantisipasi pengaruh global dan peningkatan hubungan harmonisasi antara lokal dan nasional.  Peningkatan wawasan kebangsaan tersebut diikuti lima puluh peserta, terdiri dari beberapa petinggi perusahaan di Wilayah Kerja Aceh. Adapun Koordinator kegiatan dipandu langsung oleh Perwakilan Dewan Analis Strategis, Muji Misino.

Kepala BPMA, Teuku Mohamad Faisal mengatakan, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menyamakan persepsi dan cara pandang berbangsa dan bernegara dalam wawasan kebangsaan. “Secara spesifik, pembinaan sekaligus pemantapan dan penguatan rasa nasionalisme turut medukung pelaksanaan kegiatan sektor hulu migas di Indonesia khususnya Wilayah Kewenangan Aceh. Pentingnya wawasan kebangsaan dalam menghadapi dunia global saat ini agar pemegang kebijakan dapat mewujudkan program nyata sesuai kepentingan nasional,” Ujar Faisal dalam sambutannya. Wawasan kebangsaan juga diharapkan dapat  mengasah pemikiran kepemimpinan di jajaran BPMA dan mitra kerja perusahaan  untuk memajukan kepentingan Nasional dan kepentingan Aceh untuk kebaikan bersama.

Kegiatan dibuka dengan penyampaian speech oleh Ketua Dewan Analis Strategis (DAS), Letnan Jenderal (Purn), Dr Muhammad Munir terkait kepemimpinan Nasional dalam mendukung industri migas.  Adapun materi yang disampaikan terkait dengan pemantapan wawasan kebangsaan untuk KKKS Wilayah Kerja Aceh, umumnya Pengelolaan Pengamanan Obvitnas, Wawasan Kebangsaan, Peran Penting Intelijen Ekonomi dalam Menghadapi Ancaman Global, Pengembangan Karakter Pemimpin dalam Bingkai NKRI, serta Ketahanan Energi Nasional dan
Geopolotik Migas Global.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Dukungan Bisnis BPMA, Afrul Wahyuni memberikan apresiasi terhadap KKKS Wilayah Kerja Aceh yang berpartisipasi selama 3 hari dalam kegiatan seminar wawasan kebangsaan. Kegiatan ini diikuti oleh 21 orang termasuk Pimpinan, manajemen dan pegawai BPMA Turut hadir dan 22 orang Pimpinan dan pegawai KKKS wilayah kewenangan Aceh yakni  PT Medco E&P Malaka, PT Pema Global Energi, Triangle Pasee Inc, Zaratex N.V, Aceh Energy, Zaratex N.V, Aceh Energi, ONWA Pte. Ltd. & OSWA Pte. Ltd.

Leave a Comment