BPMA Apresiasi Bantuan Fasilitas Alat Uji PCR oleh PT Medco E&P Malaka ke RSUD Dr Zubir Mahmud

IDI – Kepala BPMA, Teuku Mohamad Faisal melalui Deputi Dukungan Bisnis, Afrul Wahyuni mengapresiasi komitmen Medco E&P Malaka selaku salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Wilayah Kerja Aceh dalam mendukung pemerintah melakukan penanganan virus COVID-19.

Kali ini, Medco E&P Malaka menyerahkan fasilitas dan alat uji Polymerase Chain Reaction (PCR) termasuk pelatihan kepada petugas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud, Aceh Timur, Sabtu (28/8/2021).

“BPMA sangat mengapresiasi komitmen serta respons dari Medco E&P Malaka yang tanggap dan sigap dalam membantu penanganan wabah COVID-19 di Wilayah Kerja dengan menyediakan fasilitas dan alat uji PCR sebagai bagian dari realisasi CSR Perusahaan di Kabupaten Aceh Timur,” tutur Afrul.”

Direktur Utama Medco E&P, Ronald Gunawan yang hadir secara virtual menyebutkan bahwa penyerahan fasilitas dan alat uji PCR ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Perusahaan dalam mendukung upaya Pemerintah dalam mendeteksi dan mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami berharap alat ini dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari upaya kita semua untuk membantu masyarakat Aceh Timur terutama di masa pandemi selain bantuan lain yang telah disalurkan Perusahaan untuk membantu penanganan dampak sosial akibat pandemi,” ujar Ronald.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Aceh Timur, Hasballah M. Thaib pun turut mengapresiasi pengadaan fasilitas dan alat uji PCR yang dibutuhkan masyarakat Aceh Timur oleh Medco E&P Malaka.

“Alat ini sangat dibutuhkan RSUD untuk dapat segera mendeteksi apabila terdapat masyarakat yang diduga terpapar COVID-19 sehingga dapat segera ditangani dan mencegah penyebaran lebih lanjut” ujar Bupati.

Senada dengan Bupati Aceh Timur, Direktur RSUD Zubir Mahmud, Edi Gunawan, MARS mengatakan bahwa dengan adanya pengadaan fasilitas dan alat uji PCR, maka sample hasil tes COVID-19  masyarakat di Aceh Timur kini tidak perlu lagi dikirim ke Banda Aceh seperti sebelumnya.

Kini, tim RSUD Zubir Mahmud bersama Tim Satgas Penanganan COVID-19 Aceh Timur dapat segera mendeteksi dengan lebih cepat dan akurat apabila terdapat masyarakat teridentifikasi COVID-19.