BPMA Jalin Sinergisitas dengan BSSN Demi Menciptakan Keamanan Siber

JAKARTA – Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) melakukan penandatanganan Kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait identifikasi dan deteksi pada penyelenggaraan keamanan siber di lingkungan BPMA, Jakarta, (30/3/2021).

Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan meliputi penyusunan tata kelola keamanan siber, asistensi dan konsultasi pelaksanaan penilaian risiko, hingga identifikasi kerentanan. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BPMA, Teuku Mohamad Faisal, Wakil Kepala BPMA, Teuku Mohamad Najib, Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, Irjen. Pol. Dono Indarto, S.I.K., M.H, serta Pegawai BPMA dan BSSN.

Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Teuku Mohamad Faisal dalam sambutannya menyebutkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi adanya sinergisitas kedua badan pemerintah yang saling memberikan dukungan satu sama lain untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan aman.  Sebagai Badan Pemerintah yang diberikan amanat dalam bentuk pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan hulu migas di Wilayah Kewenangan Aceh, BPMA sangat membutuhkan keamanan dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut.

Faisal pun menambahkan bahwa informasi yang dikelola oleh BPMA, sebahagiannya adalah “aset negara” dimana informasi tersebut dikategorikan rahasia yang diatur secara tegas dalam penggunaannya.

“Dengan pelaksanaan poin-poin kerjasama semoga dapat meningkatkan pemahaman terkait keamanan dan ketentuan dalam pengelolaan informasi di dunia maya (siber) sehingga secara dini kita dapat memitigasi resiko-resiko penyalahgunaan dan pelanggaran,” ujar Faisal.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, Irjen. Pol. Dono Indarto, S.I.K., M.H pun berharap semoga penandatanganan perjanjian kerjasama akan memotivasi dan menumbuhkan komitmen antara BPMA dan BSSN dalam penyelenggaraan keamanan siber di lingkungan BPMA.