BPMA dan PHE-NSB Budidaya Durian Unggul Di Kecamatan Langkahan

ACEH UTARA – Sebagai upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) bersama PT. Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB melakukan budidaya durian unggul jenis musang king dan kani di Kecamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara.

Penanaman perdana dilakukan secara langsung pada hari Rabu (17/3/2021) lalu oleh Aceh Productions Operations Field Manager PHE NSB, Dirasani Thaib, bersama Achyar Rasyidi, Bidang Kelembagaan BPMA, dengan turut didampingi oleh Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro dan Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto.

Program budidaya durian unggul ini diperuntukkan bagi masyarakat sekitar daerah operasi PHE NSB dengan menanam durian seluas 2 (dua) hektar di Desa Seureukei Kecamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara pada lahan milik desa. Hasil budidaya durian unggul ini diperuntukkan dan harapkan akan menjadi sumber pendapatan dan peningkatan ekonomi gampong.

Budidaya durian unggul dilakukan dengan memberi bantuan bibit unggul yang didatangkan dari Provinsi Sumatera Utara, penyediaan pupuk, penyemprotan pestisida, penanaman dan pendampingan  kepada petani selama dua bulan.

Dalam sambutannya saat kegiatan seremoni penanaman perdana, Field Manager PHE NSB, Dirasani Thaib, berharap budidaya durian unggul ini menjadi sumber pendapatan gampong dan dapat dipergunakan untuk kepentingan  warganya. “Rawatlah dengan baik agar nanti setelah masa panen akan menjadi sumber pendapatan masyarakat gampong ini” ujar Dirasani.

Sementara itu Geuchik Seureukei Abdul Azis menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan perhatian dari BPMA dan PHE NSB terhadap budidaya durian di gampongnya. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan PHE NSB selama ini, mudah-mudahan budidaya durian ini dapat meningkatkan pendapatan gampong serta mensejahterakan warga kami, kami akan mengelola dengan baik dan Insha Allah akan mendapatkan hasil yang baik”, ujar pak Abdul Aziz.