Penandatanganan MoU Hingga Training Peloton, Bentuk Komitmen BPMA Tingkatkan Kemampuan SDM terkait Pengelolaan Data Sumur

BANDA ACEH – Guna memaksimalkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) khususnya untuk tim di bidang Operasi Produksi, Evaluasi dan Pengembangan Lapangan, Eksplorasi dan Eksploitasi, serta Program dan Perencanaan Anggaran agar mampu memahami konsep manajemen pengelolaan data dari aplikasi terkait sehingga dapat dipergunakan untuk salah satunya perencanaan pekerjaan sumur, operasi sumur, sampai dengan produksi, maka telah dilaksanakan kegiatan pelatihan dan trial software Peloton sekaligus melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Senin (9/3/2020).

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai dari 9 Maret hingga 13 Maret 2020 bertempat di Ruang Arun BPMA dengan pemateri dari tim Konsultan Peloton sebagaimana disampaikan Kepala Divisi Produksi, Edy Kurniawan yang juga bertanggungjawab sebagai Sponsor Eksekutif untuk kegiatan ini.

BPMA akan melakukan kerjasama trial software menggunakan WellView, RigView, SiteView, dan ProdView untuk membuat manajemen data sumur. Hal ini meliputi keseluruhan siklus sumur yang termasuk di dalamnya kegiatan pemboran, komplesi, kerja ulang, intervensi sumur hingga kegiatan produksi.

Dengan adanya database WellView, RigView, SiteView, dan ProdView, nantinya akan memudahkan akses terkait kualitas data serta informasi penting lain terkait sumur. Hal ini tentunya juga akan memberikan kemudahan dalam pengambilan keputusan yang tepat terkait penanganan sumur.

Peloton dan BPMA akan mensimulasikan Sistem Operasi Terpadu (SOT) dimana database sumur antar Kontaktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan BPMA akan tersinkronisasi secara otomatis pada jadwal tertentu. KKKS yang akan dilibatkan dalam simulasi SOT ini adalah PHE NSB dan PT Medco E&P Malaka Blok A.

Selain itu juga dilakukan Penandatanganan MoU antara BPMA dan Konsultan Peloton. Penandatangan ini dilakukan langsung oleh Kepala BPMA, Teuku Mohamad Faisal disaksikan oleh peserta yang hadir.