Ini dia Realisasi Lifting Migas Kumulatif Hingga Triwulan ke IV Tahun 2019 Provinsi Aceh

BANDA ACEH – Realisasi lifting minyak bumi di wilayah Aceh Tamiang lampaui target nasional sebesar 103.28% dengan capaian 1,041,450 bbls di bawah operator Pertamina EP – Own Operation. Hal ini disampaikan dalam kegiatan penghitungan realisasi lifting migas kumulatif triwulan IV 2019 Provinsi Aceh pada Kamis, (20/2/2020) di Bekasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM, Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu, Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, SKK Migas, BPMA serta Pemerintah Provinsi Aceh dan Kabupaten/Kota Penghasil Migas di Provinsi Aceh.

Dalam kegiatan tersebut, dipaparkan realisasi beserta justifikasi prognosa realisasi lifting migas kumulatif sampai dengan triwulan ke IV tahun 2019. Daerah penghasil Migas di Provinsi Aceh terdiri dari Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Aceh Timur.

Untuk lifting pada Kabupaten Aceh Utara diperoleh dari Pertamina Hulu Energi North Sumatera  “B” Block (PHE NSB) dengan realisasi lifting minyak sebesar 353,628 bbls. Sedangkan untuk realisasi lifting gas yang diperoleh sebesar 7,320.44 ribu MMBTU.

Selanjutnya, lifting pada Kabupaten Aceh Timur diperoleh dari PT Medco E&P Malaka dan Triangle Pase. Untuk realisasi lifting Kondensat dari PT Medco E&P Malaka sebesar 27% di atas target karena Condensate-Gas Ratio (CGR) aktual lebih besar dibandingkan estimasi sebelumnya terutama produksi kondensat dari lapangan Alur Rambong. Akan tetapi untuk gas, pencapaian di bawah target karena penyerapan buyer yang rendah, produksi Alur Siwah yang cenderung turun, fine tuning pengoperasian CPP Alur Siwah serta adanya insiden tanah longsor di area cluster Alur Siwah.

Kemudian, realisasi lifting gas Triangle Pase yang diperoleh sebesar 478.92 ribu MMBTU.

Sedangkan untuk Pertamina Hulu Energi North Sumatera Offshore Block (PHE NSO) yang beroperasi diatas 12 mil Wilayah Laut Aceh mendapatkan realisasi lifting minyak TW-4 tahun 2019 sebesar 63,500 bbls dan gas sebesar 5,499.37 ribu MMBTU.