Antisipasi Dampak Corona terhadap Kegiatan Lifting Migas, Ini yang Dilakukan BPMA

BANDA ACEH – Menanggapi maraknya penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID-19) yang kini menjadi pandemik, Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) siap dan sigap dalam meningkatkan kewaspadaan guna terciptanya keselamatan kerja khususnya bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Wilayah Kerja Aceh.

Hal ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Kepala BPMA, Teuku Mohamad Faisal Tentang Tindakan Kewaspadaan dan Antisipasi Bagi Pegawai BPMA Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19 yang memberlakukan Pengaturan Kerja Khusus.

Kepala Divisi Produksi, Edy Kurniawan menyebutkan kegiatan serah terima minyak bumi/kondensat dan gas bumi siap jual (lifting) yang berada di Wilayah Kerja (WK) Aceh tetap dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku dengan menerapkan langkah-langkah preventif di titik serah, Senin (23/3/2020).

Ada pun imbauan dalam surat edaran tersebut menyebutkan bahwa kegiatan operasi produksi KKKS di WK Aceh tetap berlangsung dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan kerja dari personel, dan meminimalkan kegiatan yang berdampak terhadap penyebaran COVID-19.

Untuk penyaluran gas bumi baik melalui pipa Arun-Belawan maupun pipa ke PIM akan dimonitoring bersama. Selanjutnya, penyerapan gas bumi dapat dimaksimalkan seiring dengan beban pelanggan PLN yang meningkat dikarenakan guna menjamin tersedianya pasokan listrik bagi masyarakat khususnya yang melakukan Work From Home (WFH).

Selanjutnya, terkait dengan lifting arun kondensat di Kilang Arun direncanakan pada 22-23 Maret 2020 mendatang dan pelaksanaan billing gas dan stock inventory periode Maret 2020, Para Pihak berwenang menyepakati aktivitas billing gas periode Maret 2020 ruas pengaliran gas Aceh-Sumut akan dilakukan dengan remote communication dan memanfaatkan media elektronik untuk sinkronisasi data sesuai dengan SOT (Sistem Operasi Terpadu)

Edy menambahkan, diharapkan langkah preventif dari manajemen ini dapat meminimalisir rantai penyebaran virus. Dia pun berharap semoga musibah ini dapat segera teratasi dan seluruh kegiatan kerja bisa berjalan seperti normal kembali.