Profil Pertamina Hulu Energi NSB

 

I. Visi dan Misi PHE NSB

Visi PHE NSB adalah menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia.

Misi PHE NSB adalah memaksimalkan potensi gas bumi Blok B melalui kegiatan operasional yang efisien, aman dan andal guna memberikan nilai tambah optimal menuju kemandirian energi Indonesia.

II. Etika Usaha dan Tata Nilai Perusahaan

Sebagai bagian dari perusahaan energi nasional yang memiliki visi kelas dunia, PHE NSB menganut tatanan nilai-nilai yang telah ditetapkan PT Pertamina yang berkomitmen terhadap praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik sebagai bagian dari usaha untuk pencapaian visi dan misi perusahaan serta menjawab tantangan ke depan. Tata nilai tersebut menjadi pemberi arah bagi sikap dan perilakui seluruh pekerja dan manajemen dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Etika dan tata nilai ini dirangkum dalam 6C, yang terdiri dari :

  1. Clean (Bersih)
  2. Competitive (Kompetitif)
  3. Confident (Percaya Diri)
  4. Customer Focused (Fokus dan Pelanggan)
  5. Commercial (Komersial)
  6. Capable (Berkemampuan)

 III. Operasi PHE NSB di Aceh

PHE NSB mengoperasikan tiga lapangan gas darat, yaitu lapangan Arun, Lhoksukon Selatan (SLS) A dan D. Terdapat beberapa area berbeda di dalam wilayah operasi PHE NSB. PHE NSB akan terus mengembangkan lapangan-lapangan gas tersebut guna menunjang kemandirian dan ketahanan energi bangsa.

  • Pusat kegiatan Point A yang terdiri dari : Enam Cluster produksi (4 Cluster di Lapangan Arun dan 2 Cluster di Lapangan South Lhoksukon).

IV. Blok NSB

  • Penandatanganan KKS Pertama  : 1 September 1967
  • Perpanjangan KKS Kedua             : 4 Oktober 1998
  • Tahun Kontrak Berakhir               : 3 Oktober 2018
  • Luas Wilayah Kerja                         : 1309 km2

V. Wilayah Kerja PHE NSB

 

PSC History PHE NSB: Pertamina mengambil alih kelola pada 1 Oktober 2015 dan kontrak PSC berakhir pada 3 Oktober 2018, saat ini kontrak PSC WK NSB diperpanjang sementara selama 6 (enam) bulan hingga 3 April 2019

VI. Program Pengembangan Masyarakat

 a. Bidang Pendidikan

 

Program pendidikan berbasis karakter bagi guru TK/PAUD yang dikenal dengan program “Semai Benih Bangsa (SBB)”, memberikan manfaat pada lebih dari 500 guru di sekitar 100 PAUD di Kabupaten Aceh Utara

b. Bidang Kesehatan

Program Penguatan Posyandu dengan meningkatkan kualitas dan sistem pelayanan kesehatan di 4 Gampong (Desa) di Kecamatan Syamtalira Aron, Matangkuli dan Nibong, Kabupaten Aceh Utara.

c. Bidang Ekonomi

1. Budidaya Kakao

Program budidaya kakao tersebar di ± 60 Hektar lahan tidur milik masyarakat dengan penerima manfaat lebih dari 180 petani yang terdapat di 9 desa di Kecamatan Tanah luas dan Matang Kuli, Kabupaten Aceh Utara.

2. Koperasi Kakao

Koperasi Kakao binaan PHE NSB bernama Koperasi Kakao Unggul Sejahtera dibangun sebagai wadah untuk menampung dan membeli hasil panen kakao milik petani dengan harga yang stabil. Koperasi juga dilengkapi dengan fasilitas mesin pengering dan dapat memproses biji cokelat menjadi tepung cokelat sehingga dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi.

d. Bidang Infrastruktur

PHE NSB melaksanakan perbaikan infrastruktur umum di sekitar wilayah operasi di Aceh Utara seperti rehabilitasi jembatan desa, rumah ibadah, kantor desa, fasilitas olahraga, dan lain-lain.

e. Program Sarjana Magang & Kerja Praktek

Program Sarjana (fresh graduate) Magang 22 orang dan Mahasiswa dan Pelajar SMK Kerja Praktek 45 orang per tahun untuk meningkatkan kapasitas lulusan sekolah tinggi, mahasiswa/I dan pelajar yang masih menempuh pendidikan, dalam menimba pengalaman sebelum memasuki dunia kerja. Kesempatan belajar sambil bekerja ini dikhususkan kepada putra dan putri masyarakat disekitar wilayah kerja perusahaan yang ditempatkan di beberapa Departemen, seperti: Production Operations, Maintenance, Subsurface, Facilities Engineering, HSE, Supply Chain Management dan Information Technology.